Gelar Webinar Nasional, BEM FEB Unibos Bahas Transformasi Pemulihan Ekonomi Nasional

MAKASSAR,MENARAINDONESIA-Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Bosowa (Unibos) menggelar webinar nasional yang membahas “Transformasi Pemulihan Ekonomi Nasional; Problematika Ketenagakerjaan, di Audiotorium Aksa Mahmud, Gedung ll lantai 9 Unibos, Kamis (16/12/2021).

Dalam kegiatan tersebut BEM FEB menghadirkan Irwan Arifyanto SE M Si, Bupati Kabupaten Pangkep H Muhammad Yusran Lalogau S Pi M Si (MYL), dan Dr H A Arifuddin Mane SE M Si SH MH, sebagai narasumber.

Dalam seminar ini narasumber pertama Irwan Arifyanto SE M Si, mengungkapkan faktor yang menyebabkan angkatan kerja kita lemah.

“Latar belakang pendidikan angkatan kerja Indonesia didominasi tingkat pendidikan SMA/SMK ke bawah, hal ini menjadi salah satu faktor lemahnya penyerapan angkatan kerja di pasar kerja.” Beber Irwan yang juga Binapenta dan PKK Kemenaker.

Sementara narasumber kedua, Bupati Kab. Pangkep MYL, menjelaskan solusi yang di hadirkan oleh Pemerintah Kab.Pangkep dalam menghadapi problematika ketenaga kerjaan.

“Mengupayakan agar para pekerja tidak dikenakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan tetapi upah yang didapatkan itu kemudian akan dikurangi dengan upah sebelumnya”, tuturnya.

Lain halnya dengan narasumber ketiga, Dr H A Arifuddin Mane SE M Si SH MH, menjelaskan bahwa masalah ketenagakerjaan juga ketidakmampuan negara Indonesia bersaing dalam pasar global yang menyebabkan banyak perusahaan-perusahaan Indonesia gulung tikar.

“Selain itu juga perusahaan-perusahaan asing juga malas dalam melakukan investasi di Indonesia karena kemampuan daya saing kita dengan negara lain rendah. Kondisi ekonomi seperti itu akan berdampak terhadap masalah ketenagakerjaan yakni tingginya tingkat pengangguran di Indonesia,” terang Dekan FEB Unibos.

Dari pendapat ketiga narasumber tersebut menghadirkan solusi yang sangat kongkrit yakni meningkatkan skill yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing melalui pelatihan yang diadakan oleh pemerintah baik secara daring maupun lauring.

Problematika ketenagakerjaan bukan hanya menitik beratkan kepada pemerintah saja akan tetapi bagaimana kemudian kita bisa menghadapi masalah dan menyelesaikannnya bersama.

Transformasi Pemulihan Ekonomi perkenomian indonesia yang membentuk penekanan yang diberikan dimasa pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian, baik disisi permintaan maupun penawaran.

Selain hal itu pandemi juga memberikan dampak pada sektor ketenagakerjaan yang mengakibatkan banyaknya pengangguran yang terjadi dibeberapa wilayah pada negara kita tercinta dan menurunkan kualitas pada pekerja/buruh.

“Untuk itulah, sudah sewajarnya kami sebagai mahasiswa terus melakukan penelitian dibeberapa wilayah kemudian memberikan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas umkm dan kualitas pekerja”, kata Ketua BEM FEB Unibos, Ariady saat menyampaikan sambutannya diakhir acara Webinar Nasional.

Comment