Salat Iduladha Bersama Masyarakat, H. Muh. Saleh: Membangun Luwu Perlu Teladani Pengorbanan Nabi Ibrahim AS

img img

LUWU,MENARAINDONESIA.com-Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, M.Si., bersama Forkopimda, para Kepala OPD, Jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu, Ketua TP-PKK, dan seluruh lapisan masyarakat melaksanakan Salat Iduladha 1445 Hijriah di Masjid Agung Kabupaten Luwu, Senin (17/06/2024).

Mengawali sambutannya, H. Muh. Saleh mengucapkan selamat hari raya Iduladha 1445 H kepada seluruh masyarakat Kabupaten Luwu.

“Melalui kesempatan yang berbahagia ini, saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu, mengucapkan Selamat Iduladha 1445 Hijriah dan Selamat Menjalankan Ibadah Qurban kepada segenap kaum muslimin dan muslimat di Kabupaten Luwu yang menunaikannya,” ucap H. Muh. Saleh.

H. Muh. Saleh mengajak seluruh jamaah untuk merenungkan serta memetik pelajaran dan hikmah dari Iduladha, yang terinspirasi dari perjalanan hidup Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. Menurutnya, kisah pengorbanan mereka sangat relevan dan penting dihadirkan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara, termasuk untuk bersama-sama menyukseskan pembangunan di Kabupaten Luwu.

“Untuk membangun Kabupaten Luwu yang maju dan sejahtera dibutuhkan pengorbanan serta keikhlasan dari seluruh pemangku kepentingan, seperti halnya yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah SWT. Nabi Ibrahim AS menjadi teladan dengan pengorbanannya yang begitu besar,” tuturnya.

Dia menekankan bahwa semangat pengorbanan dan keikhlasan ini perlu ditumbuhkan kembali dalam kehidupan sekarang, karena banyak persoalan yang dihadapi akibat lemahnya semangat berkorban bagi orang lain.

“Hal ini dapat melunturkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, serta memunculkan kehidupan sosial yang selalu berorientasi pada timbal balik dan keuntungan. Ini yang harus kita hindari dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Muh. Saleh juga mengajak jamaah untuk mendoakan masyarakat Kabupaten Luwu yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci agar diberikan kesehatan, kekuatan, kemudahan, dan kelancaran dalam menjalankan ritual ibadah haji, sehingga seluruh rangkaian ibadahnya dapat dilaksanakan dengan khusyuk dan tawaddu serta kembali ke tanah air dengan selamat.

Usai salat berjamaah, H. Muh. Saleh menyerahkan hewan kurban kepada pengurus Masjid Agung Kabupaten Luwu untuk disembelih dan dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat. Pada hari raya Iduladha kali ini, panitia melaporkan bahwa total hewan kurban yang akan disembelih di dua kecamatan, yakni Kecamatan Belopa dan Belopa Utara, berjumlah 300 ekor sapi dan 24 ekor kambing.

H. Muh. Saleh beserta keluarga berkurban dua ekor sapi. Kapolres Luwu, Dandim 1403/Palopo, dan anggota Forkopimda lainnya juga turut berkurban masing-masing satu ekor sapi.

ads

Leave a Reply