Muh. Saleh Paparkan 4 Inovasi Cegah Stunting di Kabupaten Luwu

img img

LUWU,MENARAINDONESIA.com-Penjabat (Pj) Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, M.Si memaparkan empat inovasi dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Luwu. Pemaparan ini dilakukan dalam penilaian kinerja 8 aksi konvergensi stunting, bagian dari program penurunan stunting terintegrasi Kabupaten Luwu tahun 2023, untuk lokus tahun 2024.

Inovasi yang dipaparkan oleh Muh. Saleh meliputi:

1. Luwu Macenning (Bersama Cegah dan Lawan Stunting)

2. Satu Hatiku (Satu Pintu Cegah dan Atasi Stunting di Kabupaten Luwu)

3. Chatingan Keren (Cegah Stunting dengan Keluarga Berencana Pasca Persalinan)

4. Kopas (Kotak Peduli Anak Stunting)

“Mengacu pada E-PPGBM bulan Agustus, angka prevalensi stunting di Kabupaten Luwu mengalami penurunan. Pada tahun 2022 berada pada angka 9,4% dan pada tahun 2023 turun menjadi 8,4%,” ungkap Muh. Saleh dalam paparannya.

Selain itu, Pj Bupati juga memaparkan 8 aksi yang telah dilaksanakan sebagai upaya percepatan penurunan angka stunting.

Aksi 1 yaitu melakukan identifikasi sebaran stunting, ketersediaan program,  dan kendala dalam pelaksanaan integrasi intervensi gizi. Aksi 2 yakni menyusun rencana kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan integrasi intervensi gizi.

Kemudian aksi 3 menyelenggarakan rembuk stunting tingkat kabupaten/kota. Aksi 4 memberikan kepastian hukum bagi desa untuk menjalankan peran dan kewenangan desa dalam intervensi gizi terintegrasi.

“Pada aksi ini telah diterbitkan Peraturan Bupati Luwu Nomor 73 Tahun 2023 Tentang Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi,” jelas Muh. Saleh.

Aksi 5 Memberikan kepastian hukum bagi desa untuk menjalankan peran dan kewenangan desa dalam intervensi gizi terintegrasi. Aksi 6 Meningkatkan sistem pengelolaan data stunting dan cakupan intervensi di tingkat kabupaten/kota.

Aksi 7 Melakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan anak balita dan publikasi angka stunting kabupaten/kota. Aksi 8 Melakukan review kinerja pelaksanaan program dan kegiatan terkait penurunan stunting selama satu tahun terakhir.

Menutup pemaparannya, Muh. Saleh berharap Pemerintah Kabupaten Luwu dapat terus bersinergi dalam pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting pada tahun-tahun berikutnya.

“Kita berharap angka stunting dapat turun secara signifikan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Luwu,” tutup Muh. Saleh.

ads

Leave a Reply