Prodi Program Profesi Insinyur UNM Jalin Kerjasama PII Makassar

Foto dari kiri ke kanan Ketua Prodi PPI UNM Ir. Muhammad Farid, S.Pd., M.T., Ph.D., IPM. ASEAN Eng., Dekan FT UNM Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., IPU., ASEAN Eng., Ketua PII Cab. Makassar Prof. Dr. Ir. Rustan Tarakka, S.T., M.T., IPM., AER, dan Sekretaris PII Wilayah Sulsel Dr. Eng. Ir. Muhammad Rusman, S.T., M.T., IPM.

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Program Studi Program Profesi Insinyur (Prodi PPI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) bersama Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Makassar menandatangani Perjanjian Implementasi Kerjasama (Implementation of Agreement). Upacara penandatanganan berlangsung di Ruang Senat FT Kampus UNM Parangtambung, Selasa (26/03/2024).

Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas Teknik UNM Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., IPU., ASEAN Eng., Ketua PII Cabang Makassar Prof. Dr. Ir. Rustan Tarakka, S.T., M.T., IPM., AER, Sekretaris PII Wilayah Sulsel Dr. Eng. Ir. Muhammad Rusman, S.T., M.T., IPM, pimpinan Fakultas FT yaitu Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi PPI, Koordinator dan sub koordinator serta Dosen dan tim supporting Prodi PPI.

Dekan FT UNM, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, M.Kes., menyampaikan apresiasinya atas kerjasama antara Prodi PPI UNM dan PII Cabang Makassar untuk penyelenggaraan Program Profesi Insinyur di UNM. Kerjasama ini akan memfasilitasi pendaftaran keanggotaan PII, pendampingan dalam pengisian portofolio pada SIMPONI PII, dan dukungan sertifikasi insinyur profesional bagi dosen dan alumni PPI UNM.

“Kami berharap agar jumlah mahasiswa Prodi PPI terus meningkat di masa yang akan datang,” ujarnya.

Ketua PII Cabang Makassar Prof. Dr. Ir. Rustan Tarakka, S.T., M.T., IPM., AER, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Prodi PPI UNM telah menunjukkan kinerja yang baik diawal pendiriannya. Ia berharap sinergitas dan kolaborasi antara PII Makassar dan Prodi PPI UNM dalam memberi dukungan pengembangan SDM profesi insinyur.

Tidak hanya itu, Rustan Tarakka juga menekankan pentingnya pengunggahan portofolio melalui pengisian FAIP di SIMPONI PII bagi mahasiswa. Keunggulannya, kata dia, menjadi acuan penilaian konversi nilai untuk penyelesaian studi Profesi Insinyur.

“Setelah Insinyur dapat diusulkan mendapatkan Surat Tanda registrasi Insinyur (STRI) dan sertifikat Insinyur Profesional,” jelasnya.

Penandatanganan Perjanjian Implementasi Kerjasama dilakukan oleh Dekan FT UNM dan Ketua PII Cabang Makassar, disaksikan oleh Sekretaris PII Wilayah Sulawesi Selatan, Wakil Dekan IV FT UNM, Ketua Prodi PPI FT UNM, dan seluruh hadirin.

Melaui kerjasama ini, Ketua Prodi PPI UNM, Ir. Muhammad Farid, S.Pd., M.T., Ph.D., IPM. ASEAN Eng., berharap dengan kerjasama ini akan mengakselerasi penyelenggaraan Program Profesi Insinyur di UNM.

“Di awal tahun ini, kami telah menerima 34 mahasiswa baru melalui jalur reguler dan RPL. IoA ini akan memberi dukungan jejaring industri untuk praktek keinsinyuran dan pengembangan SDM bagi dosen, mahasiswa, dan alumni. Insya Allah, pada semester ganjil 2024 kami akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru angkatan ke-2. Kami berharap bahwa Prodi PPI UNM dapat memberikan kontribusi berkelanjutan dalam mencetak insinyur untuk kemajuan bangsa Indonesia dan masyarakat global,” ungkapnya.

ads

Leave a Reply