Bupati Maros Jadi Narasumber TPBIS Perpustakaan Nasional RI

img

JAKARTA,MENARAINDONESIA.com-Bupati Kabupaten Maros, Dr. H.A.S. Chaidir Syam, S.IP., M.H., kembali dipercaya sebagai narasumber dalam acara Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang diselenggarakan di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Jl. Salemba Raya Jakarta, Kamis (21/03/2024).

Chaidir Syam, yang sebelumnya telah meraih Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, kategori Pejabat Publik pada tahun 2022, merupakan salah satu tokoh yang sangat peduli terhadap pembudayaan minat baca dan literasi di Kabupaten Maros.

Menurut Bachtiar Adnan Kusuma, seorang tokoh literasi, Chaidir Syam telah berhasil menjadikan Maros sebagai ikon kabupaten membaca dengan pencapaian prestasi yang signifikan. Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Maros secara berturut-turut meraih penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik dalam pelaksanaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada tahun 2023.

“Karena itu, tak heran kalau Perpustakaan Nasional menjadikan Chaidir Syam menjadi narasumber terkait implementasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial,” kata Bachtiar Adnan Kusuma.

Chaidir Syam juga telah berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Maros dari tahun ke tahun, serta merintis puluhan perpustakaan desa dan kelurahan di wilayah kabupaten tersebut.

Dalam acara tersebut, Chaidir Syam berbicara tentang Kebijakan Penguatan Literasi Menuju Indonesia Emas 2024, serta sosialisasi pengembangan perpustakaan desa, kelurahan, dan Taman Bacaan Masyarakat (TBBM) di seluruh Indonesia.

Dengan dedikasinya terhadap pembangunan literasi dan perpustakaan, tidak mengherankan jika Perpustakaan Nasional memilih Chaidir Syam sebagai narasumber untuk membahas implementasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

ads

Leave a Reply