Pj Gubernur Sulsel dan Bupati Maros Tanam Sukun di Kawasan Taman Nasional Bantimurung

img img

MAROS,MENARAINDONESIA.com-Setelah sukses dengan program budidaya sukun di kawasan Rammang-rammang, kini giliran Kawasan Taman Nasional Bantimurung menjadi sasaran program serupa. Penanaman sukun dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, bersama Bupati Maros, H.A.S Chaidir Syam, Selasa (30/01/2024).

Bupati Chaidir Syam menjelaskan bahwa program penanaman atau budidaya sukun di Maros tidak hanya berfokus di lokasi wisata seperti Rammang-rammang, tetapi juga mencakup kawasan Taman Nasional Bantimurung.

“Sukun di sini kita kembali tanam, paling utama ini adalah program lanjutan dari program sejuta sukun, termasuk di Rammang-rammang dan tempat wisata Bantimurung,” ujar Chaidir Syam.

Selain dilakukan di lahan kosong, penanaman sukun juga merambah ke bantaran sungai yang ada di taman nasional tersebut.

“Kita tanam di pinggir sungai, di hutan-hutan juga akan kita tanami. Di Maros sesuai lahan, tadi Pak Gubernur minta kalau ada lahan yang kosong,” tambahnya.

Kepala Instalasi Pengamatan, Peramalan dan Pengendalian OPT atau IP3OPT Maros, Yumarto, yang juga turut serta dalam penanaman, menyatakan bahwa sukun merupakan pangan alternatif yang perlu dikembangkan.

“Sukun ini merupakan pangan alternatif dan tanaman yang sudah dikenal di masyarakat. Perlu dikembangkan agar masyarakat memiliki pilihan,” ungkapnya.

Yumarto menyoroti kebiasaan masyarakat yang hanya mengandalkan beras sebagai pangan utama. Menurutnya, sukun dapat menjadi pengganti yang efektif jika dikonsumsi secara rutin.

“Sukun bisa menjadi alternatif, kita tidak perlu selalu bergantung pada beras. Kalau kita biasakan mengonsumsi sukun, maka ini bisa menjadi pilihan alternatif yang luar biasa,” jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa kondisi lahan di Kawasan Bantimurung sangat cocok untuk pengembangan tanaman sukun. “Bantimurung sangat cocok. Di Sulsel, hampir semua jenis lahan bisa digunakan. Program yang diinisiasi oleh Pak Gubernur ini sungguh luar biasa, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menanam tanaman ini,” pungkasnya.

ads

Leave a Reply