Aksi Bersih-Bersih ‘Appatasa’ Libatkan Ratusan Relawan, Bersihkan Sampah Hingga 18 Ton

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Duta Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar berkolaborasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Ujung Tanah gelar ‘Appatasa’ atau aksi giat bakti sosial.

Kagiatan ini berpusat di RW 4 RT 3, Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Sabtu (27/01/2024).

Kawasan pesisir tersebut memang mengalami penumpukan sampah yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan.

Terlebih, penumpukan tersebut juga diperparah dengan kiriman sampah dari laut ketika terjadi air pasang.

Meski kegiatan tersebut pertama kali dilakukan, namun cukup memberi dampak positif dan mendapat perhatian banyak komunitas yang peduli lingkungan termaksud masyarakat sekitar.

Sedikitnya 18 Ton sampah berhasil diangkat dari ratusan orang yang berpartisipasi dalam kegiatan Appattasa.

“Jadi dua kelompok pemuda ini punya satu misi yang sama bagaimana membawa perubahan di suatu tempat khususnya di Kecamatan Ujung Tanah, RW 4 RT 3, Kelurahan Cambayya yang merupakan dermaga pasang surut. Jumlah volume sampah di bawah rumah warga itu sangat tinggi dan baru berhasil kita angkat kurang lebih 18 Ton karena selain sampah kiriman dari kapal nelayan atau kapal lainnya yang terkadang buang sampah di laut yang akhirnya masuk ke daratan ditambah juga warga yang sebagian besar masih belum memiliki kesadaran akan kebersihan,” ungkap Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi.

Kedepan, Amanda Syahwaldi yang belum 1 bulan menjabat camat Ujung Tanah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan yang dapat merusak lingkungan.

“Kami sudah menghimbau warga agar sampah ini ke depan, mereka kemas, terus mereka letakkan di titik penjemputan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Plt Kadispora Kota Makassar Andi Engka Bau Djemma bangga dengan semangat dan apa yang telah dilakukan para Duta Pemuda Dispora Makassar dan Tim TP PKK Milenial Kecamatan Ujung Tanah.

“Hari ini sebenarnya sangat kecil kontribusinya terhadap lingkungan tapi sekecil apapun itu semua yang dilakukan teman-teman hari ini jauh lebih besar dari diri kita masing-masing, mindset bahwa aktualisasi diri pemuda adalah ketika kita memulai tidak hanya memikirkan diri sendiri tapi memikirkan orang lain dan lingkungan,” tutur Andi Engka.

Ia melanjutkan setelah kegiatan ini berjalan sudah ada beberapa kecamatan yang meminta untuk datang, dan memang hal ini sejalan dengan arahan Wali Kota Makassar dan ketua TP PKK Kota Makassar.

“Kalau bisa kegiatan ini sebaiknya dilakukan di setiap kecamatan, dan teman-teman siap dengan segala semangatnya bahkan sampai 15 kecamatan,” imbuhnya.

Diketahui, hadir dalam aksi bersih-bersih itu, Plt Kadispora Andi Engka, Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi, Ketua TP PKK Kecamatan Ujung Tanah Andi Fadilah Rizki Rifai, Direktur Umum PDAM Kota Makassar Indira Mulyasari, dan Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Muhammad Dasysyara Dahyar. Termasuk dari KNPI Kecamatan Ujung Tanah yang jumlahnya sekitar 200 orang. (*)

ads

Leave a Reply