Tim Verifikasi Adipura Apresiasi Perubahan Pengelolaan TPA Tamangapa

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Tim verifikasi Adipura memberikan apresiasi terhadap perubahan signifikan TPA Tamangapa yang kini pengelolaannya dinilai cepat dan terorganisir dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Ferdy Mochtar, pasca tim DLH mendampingi tim verifikasi Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan dalam proses penilaian lingkungan di Kota Makassar.

Penilaian diperkirakan berlangsung dua hari pada tanggal 5 dan 6 Februari 2024. Di hari pertama, tim menilai total 15 titik penilaian yang berfokus pada kecamatan Panakkukang, Manggala, Tamalanrea, dan Biringkanaya

Titik-titik penilaian tersebut meliputi bank sampah, TPA Tamangapa, Sekolah Menengah Pertama, rumah sakit, terminal, pemukiman warga, kantor camat, pasar tradisional, sungai, taman dan hutan kota, bank sampah unit, serta TPS3R.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdy Mochtar, mengungkapkan bahwa tim penilai mengakui adanya perubahan signifikan di Kota Makassar pada tahun ini, terutama dalam hal peningkatan kualitas TPA.

“Salah satu penilaian positif dari tim verifikasi yakni di TPA Tamangapa yang dinilai penanganannya jauh lebih baik di banding penilaian Adipura tahun sebelumnya. Mereka sangat mengapresiasi pengelolaan TPA Tamangapa karena jauh lebih baik saat ini,” ucapnya.

Selain itu, kata Ferdy, indikator penilaian hampir 100% dipenuhi oleh Kota Makassar, menandakan komitmen dan upaya yang kuat dari pemerintah dan masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota.

“Pencapaian ini merupakan angin segar bagi Kota Makassar, semoga Kota Makassar dapat kembali meraih penghargaan Adipura sebagai pengakuan atas upaya-upaya dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan,” tuturnya.

Selama penilaian berlangsung, pihak DLH Kota Makassar memberikan informasi yang diperlukan kepada tim verifikasi Adipura, termasuk data mengenai program-program pengelolaan sampah yang telah dilaksanakan.

Para anggota tim verifikasi Adipura secara teliti melakukan penilaian terhadap setiap aspek yang menjadi indikator penilaian Adipura, mulai dari kebersihan, pengolahan sampah, hingga peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup sekitar.

Ferdy juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah turut serta dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota Makassar. Baik itu dari instansi pemerintahan, swasta, dan masyarakat Kota Makassar.

“Dengan adanya partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan Kota Makassar dapat terus maju dan menjadi contoh dalam upaya pelestarian lingkungan hidup bagi kota-kota lain di Indonesia,”¬†ucapnya. (*)

ads

Leave a Reply