Pesta Rakyat, Kelurahan Paropo Deklarasi Bebas ODF

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang gelar Pesta rakyat memperingati HUT RI ke 78 tahun. Pesta rakyat digelar di wilayah Kel. Paropo tepatnya di Jl Babussalam II RW 5, Rabu (30/08/2023).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pesta rakyat diisi dengan aneka tampilan budaya, namun tahun ini Kelurahan Paropo dapat merasakan kebahagiaan karena telah mendeklarasikan sebagai Kelurahan bebas ODF (Open Defecation Free) atau buang air sembarangan dengan usaha yang telah dilakukan.

Hal ini berdasarkan hasil verifikasi dari Puskesmas Paropo setelah melalui proses panjang, akhirnya memenuhi syarat sebagai kelurahan bebas ODF.

Lurah Paropo, Achiruddin Achmad, S.STP, MM, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam upaya menjadikan Kelurahan Paropo Bebas ODF.

“Dengan tanda tangan komitmen seluruh RW se – Kel Paropo, serta adanya deklarasi ini diharapkan akan menjadikan Kelurahan Paropo lebih bersih dan sehat, yang akan berdampak pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Hal ini berdasarkan data kesehatan untuk Kelurahan Paropo masih ada 17 KK yang belum memiliki jamban tidak memenuhi syarat sehat dikarenakan beberapa masalah diantaranya masalah ekonomi maupun kepemilikan hak tanah, namun berkat kerja sama berbagai pihak salah satunya dengan SCR Dompet Dhuafa. Akhirnya Kelurahan Paropo dinyatakan bebas ODF.

Selain itu, dalam pesta rakyat ini diberikan pula pembagian hadiah bagi anak-anak yang telah mengikuti dan menjuarai berbagai lomba sebagai rangkaian peringatan HUT RI ke 78 tahun.

“Meski kita telah berada dipenghujung bulan Agustus, namun semangat kemerdekaan masih sangat terasa, apalagi melihat semangat dan antusias dari seluruh warga, para orang tua hingga anak-anak,” ujarnya.

Seluruh warga dan para tamu undangan juga dihibur dengan berbagai penampilan budaya persembahan dari masing-masing RW. Pesta rakyat ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, Kapolsek Panakkukang, Danramil 1408 PNK-MGL, Camat Panakkukang, Andi Pangerang Nur Akbar, KNPI Kecamatan Panakkukang, Ketua TP. PKK Kecamatan Panakkukang, Ketua TP. PKK Kelurahan Paropo, Lurah Tamamaung, Perwakilan dari beberapa SKPD di Kota Makassar serta Pj. RT/RW setempat, yang disambut dengan penyematan Passappu dari Rais sanggar Turikalle, tarian khas Toraja tari Pegellu, serta diantaranya tarian tarian Pepe ka Ri Makka yang merupakan warga Kelurahan Paropo.

ads

Leave a Reply