RBC Cup 2023 Mulai Bergulir, Ketum Perbasi Makassar Harap Basket Jadi Cabor Prioritas Kemenpora

img img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail menyampaikan dengan antusias terkait penyelenggaraan RBC Cup tahun 2023.

Didampingi Wakil Ketua Umum IV Perbasi Makassar, Jamin Matottorang di studio Kompas TV Makassar, Indira membeberkan sejumlah hal yang berkaitan dengan event olahraga bergengsi ini.

RBC Cup tahun ini sudah memasuki tahun kedua pelaksanaannya, dan dijadwalkan berlangsung mulai 28 Juli hingga 5 Agustus 2023 mendatang, di Ciputra Basketball Court.

Berbagai klub basket akan berlaga dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Bukan hanya klub dalam negeri, namun ada pula 3 klub asal negara tetangga, Malaysia, yang turut meramaikan kompetisi.

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak terkait, Indira Jusuf Ismail menyatakan keyakinannya bahwa kejuaraan ini akan menjadi salah satu yang terbesar dan terbaik yang pernah diadakan di kota ini.

“Peminat olahraga basket sangat banyak sehingga kami dari Perbasi harus maksimal mensupport setiap event,” ucap Indira.

Indira menyebut, RBC Cup bukan sekadar turnamen biasa. Melalui tagline Basket Itu Keren, Perbasi Makassar menginginkan RBC Cup menjadi momentum untuk memperkenalkan olahraga bola basket kepada masyarakat lebih luas, khususnya generasi muda.

Hadirnya tim dari luar negeri juga diharapkan mampu menaikkan standar permainan basket tim-tim di dalam negeri dan mendongkrak prestasi para atlet basket.

“Kami ingin menginspirasi dan mencari bibit-bibit baru yang berbakat untuk mengangkat nama Makassar di kancah nasional maupun internasional. Supaya standar basket itu naik sehingga generasi baru ini melihat bagaimana tim luar bermain,” jelasnya.

Indira menekankan bahwa RBC Cup ini tidak hanya berfokus pada aspek kompetisi semata, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkuat persaudaraan dan semangat sportivitas di antara para peserta.

“Kami juga harapkan basket itu bisa menjadi industri. Menjadi cabang olahraga prioritas di Kemenpora. Itu salah satu cara agar basket semakin mendunia,” pungkasnya.

Adapun beberapa klub yang akan berkompetisi pada RBC Cup 2023 kali ini di antaranya Kaba Tuskers, Fastbreak, Flying Wheel, Old School, Sahabat Basketball, dan Lakipadada Warriors.

Kemudian ada pula klub Spartan Renon Army yang merupakan klub basket asal Bali dan BBM CLS Knights asal Surabaya. (*)

ads

Leave a Reply