Forkopimda Luwu Gelar Rakor Sambut Idul Fitri, Fokus pada Keamanan dan Ketersediaan Kebutuhan Masyarakat

img

LUWU,MENARAINDONESIA.com-Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Luwu menggelar rapat koordinasi (rakor) dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M. Rapat ini dilaksanakan dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait untuk memastikan kesiapan dan kelancaran perayaan Idul Fitri.

Rapat yang berlangsung di ruang Pola Andi Kambo Kantor Bupati Luwu pada Selasa (02/04/2024) tersebut dipimpin langsung oleh Penjabat (PJ) Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, M.Si.

Dalam rapat tersebut, keamanan dan ketertiban menjadi fokus utama yang ditekankan oleh PJ Bupati Luwu. Beliau menyadari bahwa peningkatan aktivitas masyarakat selama bulan suci Ramadan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

“Kegiatan perekonomian masyarakat selama bulan suci ini juga meningkat baik di pasar tradisional, pasar modern, dan jajanan UMKM sehingga perlu pengawasan dari pemerintah daerah agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Disamping itu inflasi di daerah juga harus dapat terjaga dan terkendali dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, Muh. Saleh juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mensosialisasikan program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Dia mengingatkan agar informasi ini disampaikan kepada keluarga yang berencana untuk melakukan mudik gratis dari Makassar ke Belopa-Palopo, dengan batas waktu pendaftaran hingga 5 April 2024.

“Tolong disampaikan kepada keluarga yang ingin mudik gratis dari Makassar ke Belopa-Palopo, Pemerintah Provinsi sudah membuka pendaftaran sampai 5 April ini. Pendaftaran bisa langsung ke Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkap Muh. Saleh.

Dalam laporannya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Luwu, H. Kamar, menyampaikan beberapa isu yang dibahas dalam rapat, termasuk kesiapsiagaan menghadapi arus mudik dan arus balik, ketersediaan pemenuhan kebutuhan masyarakat, harga bahan pokok, kewaspadaan dini terkait cuaca ekstrim, serta kesiapan sarana dan prasarana tempat ibadah yang memadai.

Rapat ini merupakan wujud dari koordinasi dan sinergi antarinstansi untuk memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran perayaan Idul Fitri bagi masyarakat Kabupaten Luwu.

ads

Leave a Reply