Pemuda dan Buruh Maros Desak Pengesahan Perda Ketenagakerjaan dalam Dialog May Day

img img

MAROS,MENARAINDONESIA.com-Dialog May Day yang diadakan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Maros berlangsung menarik dan produktif. Acara ini diselenggarakan di Warkop Zero, Jalan Kemiri Pettuadae, Kabupaten Maros, Sabtu (18/05/2024).

Dialog tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPD II KNPI Maros Bidang Ketenagakerjaan, Sadikin Sahrir. Ketua KSPSI Maros, Muh. Ridwan, menyampaikan pentingnya intervensi pemerintah daerah terhadap persoalan ketenagakerjaan di Kabupaten Maros.

“Seharusnya pemerintah daerah segera melakukan intervensi terhadap persoalan ketenagakerjaan yang terjadi di Kabupaten Maros. Putra-putri calon angkatan kerja di Kabupaten Maros seharusnya mendapatkan jatah pekerjaan yang sesuai dengan skill dan kemampuan mereka, sehingga bisa mendapatkan tempat strategis di perusahaan,” ujar Muh. Ridwan.

Ia juga menekankan perlunya perhatian penuh dari pemerintah untuk mengadakan pelatihan keterampilan dan segera membangun Balai Latihan Kerja (BLK).

Ketua DPD KNPI Maros, Chaerul Syahab, juga menyoroti pentingnya pengesahan payung hukum terkait ketenagakerjaan. “Perda Ketenagakerjaan yang saat ini berada di DPRD harus segera didesak agar disahkan,” kata Chaerul.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Maros, Abidin Said, menyatakan bahwa proses pengesahan Perda Ketenagakerjaan akan segera rampung. “Kemarin di DPRD sudah dilakukan Rapat Paripurna. Tahun depan, Dinas Ketenagakerjaan akan mulai beroperasi, dan saya kira ini bisa menjadi prioritas bagi OPD terkait untuk melakukan berbagai solusi,” kata politisi NasDem tersebut.

Dialog ini menjadi momen penting bagi pemuda dan buruh di Kabupaten Maros untuk menyuarakan harapan mereka agar Perda Ketenagakerjaan segera disahkan, demi meningkatkan kualitas dan kesejahteraan tenaga kerja di daerah tersebut.

ads

Leave a Reply