6 Cara Membuat Water Heater Listrik Lebih Hemat Energi

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Biaya listrik yang mahal karena penggunaan peralatan rumah tangga tentu membuat pengeluaran menjadi lebih banyak dan boros.

Jika Anda memiliki water heater di rumah, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat water heater Anda lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit energi.

Water heater adalah salah satu peralatan yang mengkonsumsi energi terbesar di rumah. Faktanya, menurut Departemen Energi AS, water heater menyumbang 18% dari total tagihan listrik warga AS.

Lantas bagaimanakah cara agar tetap bisa menggunakan water heater namun menghemat tagihan listrik? Simak berikut :

1.Turunkan Suhu Water Heater
Salah satu cara paling sederhana untuk membuat water heater Anda lebih hemat energi adalah dengan menurunkan suhu. Kebanyakan orang memasang water heater terlalu tinggi, sehingga membuang-buang energi dan sebenarnya bisa berbahaya.

Preset pabrik untuk water heater panas biasanya antara 130-140°F. Suhu ini terlalu hangat untuk kulit manusia, dan jika Anda memiliki anak kecil, mereka mungkin berisiko mengalami luka bakar secara tidak sengaja.

Praktik terbaiknya adalah menurunkan termostat Anda ke standar yang direkomendasikan DOE yaitu 120°F. Anda dapat menghemat 3-5% dari total biaya pemanasan air dengan menurunkan suhu air hanya 10 derajat.

2.Kurangi Waktu Mandi
Mandi mungkin membuat rileks, tetapi menggunakan banyak air panas. Bak mandi penuh menghabiskan sekitar 50 galon air, sedangkan mandi 10 menit hanya menghabiskan sekitar 25 galon. Jadi, jika Anda ingin menghemat energi dan uang, mandilah dengan air yang lebih sedikit dan dengan waktu yang sesuai kebutuhan.

3.Menggunakan Water Heater dengan Ukuran yang Tepat
Apakah dimensi water heater Anda sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda? Mungkin Anda beranggapan bahwa water heater berukuran lebih kecil dapat menghemat energi, tetapi pandangan tersebut tidak selalu benar.

Mengapa demikian? Tom Darling, seorang pakar water heater di wilayah Albany dan Saratoga, menjelaskan, “Water heater berukuran kecil terkadang terlalu bekerja keras. Suhunya terlalu tinggi, yang berarti pembakarnya terus menyala ketika Anda menggunakan air panas.”

Penggunaan water heater yang terus-menerus menyala dapat mengakibatkan biaya utilitas yang tinggi. Sebaliknya, pertimbangkan untuk menggunakan water heater yang lebih besar agar dapat memenuhi kebutuhan air panas rumah tangga Anda dengan efisien. Jika Anda merasa water heater panas Anda terus digunakan secara intensif, mungkin sudah saatnya untuk melakukan upgrade.

4.Gunakan Lebih Sedikit Air Panas
Hal sederhana yang juga bisa Anda lakukan untuk menghemat tagihan water heater listrik Anda adalah dengan menggunakan lebih sedikit air panas.

Pastikan air panas digunakan sesuai dengan kebutuhan dan hindari kebutuhan yang tidak terlalu perlu menggunakan air panas.

5.Pasang Timer Listrik
Water heater tentu akan sibuk menjaga tangki tetap penuh air panas hingga suhu yang Anda tentukan selama 24 jam.

Hal ini membuat banyak sekali energi ekstra yang dikeluarkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang timer listrik untuk mengatur water heater agar beroperasi hanya pada waktu-waktu tertentu.

Dengan menggunakan timer pada water heater, Anda dapat mengatur waktu khusus ketika water heater harus aktif. Ini memungkinkan Anda untuk menghindari penggunaan energi yang tidak perlu saat tidak ada kebutuhan untuk air panas, seperti pada malam hari atau saat rumah kosong.

6.Pilih Produk Water Heater yang Hemat Energi
Selain memperhatikan fungsi dan pemakaian water heater untuk bisa menghemat listrik, Anda juga perlu memilih produk water heater yang hemat energi agar penggunaan listrik bisa hemat dan minim biaya.

Untuk water heater yang hemat energi, Anda bisa memilih produk water heater dari Ariston yang merupakan spesialis global dalam water heater dengan pengalaman lebih dari 90 tahun.

Ariston telah menjadi pilihan utama konsumen di seluruh dunia dengan serangkaian produk water heater berdesain elegan, berteknologi canggih khas Italia yang inovatif, berkualitas tinggi dan hemat energi untuk memastikan kenyamanan pengguna.

Salah satu fokus utama Ariston adalah mengembangkan teknologi hemat energi. Produk water heater listrik Ariston dirancang untuk memberikan performa optimal sambil tetap ramah lingkungan.

Ariston menyediakan varian terlengkap untuk kebutuhan keluarga Indonesia, mulai dari kapasitas 10 Liter hingga 100 Liter, dengan daya listrik mulai dari 150 Watt.

Disamping itu, semua produk water heater listrik Ariston juga memiliki fitur pengaman ekstra seperti scalding prevention yang berfungsi untuk mencegah pemanasan berlebih dan auto diagnostic yang memberi notifikasi apabila terjadi malfungsi produk.

Beberapa produk water heater low watt terbaik dari Ariston diantaranya adalah Slim2 RS 20 L dengan spesifikasi 200 watt, Andris2 dengan spesifikasi 200 watt untuk kapasitas tangki 10 liter dan Andris2 B dengan daya listrik terendah, hanya 150 watt dengan kapasitas 10 liter.

Water heater dari Ariston merupakan pilihan terbaik bagi keluarga Indonesia. Temukan varian water heater listrik terbaik dan terlengkap, dan informasi pembelian, di website resmi ariston.com.

ads

Leave a Reply