Dosen UNM Terpilih Aklamasi dalam Mubeslub DKSS

Ketua Satgas KKN Dr. Arifin Manggau

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-DR Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd terpilih secara aklamasi sebagai ketua Dewan Kesenian Sulawesi Selatan (DKSS) di Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) yang dibuka Jumat (22/12/2023) di gedung MULO, Jalan Jenderal Sudirman, kota Makassar.

Mubeslub DKSS berjalan lancar dan relatif lebih cepat dari jadwal yang direncanakan, tepat pukul 21.30 WITA , pimpinan sidang Ismad Sahupala didampingi stering commite (SC) Moch. Hasymi Ibrahim, Asia Ramli Prapanca, dan Tamar Jaya.

Pimpinan sidang saat memasuki pleno 4 yang membahas tata cara pemilihan dan kriteria pemilihan memeriksa bakal calon ketua umum yang mendaftarkan diri ke panitia cuma satu bakal calon, lalu pimpinan sidang mengajukan ke peserta forum apakah pemilihan dilanjutkan dengan menetapkan secara aklamasi bakal calon. Salah satu peserta sempat melemparkan pernyataan agar agenda pemilihan dilanjutkan sesuai jadwal. Namun mayoritas peserta forum Mubeslub menginginkan proses dipercepat untuk menetapkan secara aklamasi.

Mengingat pemilihan ketua adalah agenda terkahir dalam agenda Mubeslub maka dengan terpilih dan ditetapkannya Arifin Manggau sebagai ketua maka selesailah rangkaian Mubeslub. Hal ini membuat agenda Mubeslub lebih cepat dari jadwal.

” Ini adalah musyawarah besar luar biasa karena dkss vakum 15 tahun, sehingga ada inisiatif dari kawan-kawan seniman dan dukungan dari lembaga seni di daerah dan mantan pengurus DKSS hingga Musyawarah ini diselenggarakan diluar kebiasaan mengingat semangat Mubeslub itu,” ungkap koordinator SC, Ismad Sahupala.

Mubeslub DKSS dipenghujung tahun 2023 ini diikuti dengan antusias oleh para seniman dan budayawan, ada maestro tari Munasiah daeng Jinne yang boleh dianggap tertua dan paling dituakan di forum, terlihat juga Yudistira Sukatanya, Syahriar Tato, Bahar Merdu, Andi Wanua Tangke, Adi Mahrus, beberapa perupa seperti Firman Djamil, Andi Amrullah Syam, Jenri pasisaang, Zam Kamil, Amoeng dan Rimba serta perupa muda, aktor dan sutradara teater, pemusik dan koreografer tari di Sulsel hingga lembaga lembaga kesenian berbasis kampus di Makassar juga tampak hadir.

Ada sekitar 120 peserta di Mubeslub dan 200 undangan pembukaan. Terlihat hadir kepala dinas pariwisata dan ekonomi kreatif kota Makassar Muh. Roem, perwakilan dinas kebudayaan kota Makassar dan utusan-utusan dari kabupaten dan kota.

Menyikapi terpilihnya sebagai ketua DKSS, Arifin Manggau mengaku membutuhkan dukungan kerjasama dari berbagai pihak dan kerja sama pengurus nantinya untuk menjalankan amanah di DKSS.

“Saya berterima kasih atas kepercayaan kepada saya untuk mengembag amanah sebagai ketua DKSS, yakinkan saya untuk bisa mengembangkan dan meningkatkan lembaga ini lebih maju dan professional. Kerja utama kami atas kehadiran lembaga ini, turut dalam memajukan kebudayaan sebagaimana yang tertuang dalam undang2 no 5 tahun 2017 ttg pemajuan kebudayaan,” pungkas Arifin yang juga berlatar belakang seorang seniman musik ini.

ads

Leave a Reply