Baperkeu Luncurkan Aplikasi Inovatif Bernama Si’Itaka Dukung Transparansi Keuangan

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Sekretariat Daerah Kota Makassar terus berupaya meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pencairan dokumen keuangan. Melalui Bagian Perencanaan dan Keuangan (Beperkeu) diluncurkanlan aplikasi inovatif bernama Si’Itaka.

Kepala Baperkeu, Riyadus Shalihin menjelaskan bahwa aplikasi Si’Itaka dirancang untuk memberikan akses mudah dalam memonitor keberadaan dan proses berkas pencairan Surat Perintah Membayar (SPM) serta Surat Pemindah Bukuan (SPB).

“Sehingga kesalahpahaman yang sering terjadi terkait dengan proses pencairan bisa diminimalisir, ” ujar Riyadus Shalihin Kamis (31/08/2023).

Dengan Si’Itaka, kata Riyadus Shalihin, semua dokumen pencairan, termasuk belanja langsung dan belanja hibah, dapat dimonitor secara online.

Aplikasi Si’Itaka dapat diakses melalui website resmi Sekretariat Daerah Kota Makassar di https://baperkeu.makassarkota.go.id.

“Hal ini memberikan tingkat transparansi yang tinggi dalam pengelolaan dokumen keuangan, ” tegasnya.

Dia menambahkan  aplikasi berbasis website ini akan memberikan sejumlah manfaat seperti peningkatan kinerja pegawai dan staf, percepatan pelayanan pencairan dokumen, pengurangan gangguan akibat pertanyaan dari pihak penyedia barang/jasa, pengurangan penggunaan kertas.

“Transparan, serta sangat efektif dan efisien,” singkat Riyadus Shalihin.

Dia berharap  Si’Itaka  akan membantu semua pihak terkait mencapai target dan tujuan mereka dalam pengelolaan keuangan yang lebih efektif dan transparan di Kota Makassar.

ads

Leave a Reply