Bappeda Makassar Gelar FGD Sinergitas Perencanaan dan Harmonisasi Program Pemerintah

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar telah sukses melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertema “Sinergitas Perencanaan dan Harmonisasi Program Pemerintah Kota Makassar dalam Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Tahun 2024-2045.” Acara ini berlangsung di Four Point Hotel by Sheraton, Makassar, Selasa (15/08/2023).

FGD ini dihadiri oleh sejumlah peserta yang merupakan mitra bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Kota Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi antarstakeholder guna mencapai keselarasan dalam perencanaan pembangunan kota untuk rentang waktu 2024 hingga 2045.

Tiga narasumber utama turut memberikan wawasan yang berharga dalam FGD ini. Pertama, Nielma Palamba, SH., M.AP, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, membahas Implementasi Rumusan Isu Strategis Dinas Ketenagakerjaan dalam RPJPD Kota Makassar Tahun 2025-2045. Presentasi tersebut memberikan pandangan mendalam terkait arah pembangunan sumber daya manusia dan ketenagakerjaan di Kota Makassar.

Selanjutnya, Inyo, S.T., M.Eng, Perencana Ahli Madya BAPPEDA Provinsi Sulawesi Selatan, memberikan paparan tentang Harmonisasi sepuluh urusan Ekonomi, Sumber Daya Alam, dan Infrastruktur (ESDA) terhadap Dokumen Perencanaan Sulawesi Selatan. Diskusi ini menjadi penting untuk memastikan keselarasan antara perencanaan Kota Makassar dengan rencana pembangunan tingkat provinsi.

Dr. Anas Iswanto Anwar, S.E., M.A, yang merupakan salah satu narasumber terakhir, menyampaikan pemikirannya tentang integrasi program pemerintah dalam RPJPD. Dengan pengalaman dan wawasan yang dimiliki, beliau memberikan pandangan yang luas terkait bagaimana program-program pemerintah dapat secara efektif diintegrasikan dalam perencanaan jangka panjang.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang meriah, di mana peserta FGD aktif berpartisipasi untuk mendapatkan klarifikasi dan memperdalam pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal yang solid menuju penyusunan Rancangan Awal RPJPD Kota Makassar Tahun 2024-2045 yang lebih komprehensif dan berdaya saing.

ads

Leave a Reply