LJI: RMS Paling Potensial Jadi Gubernur Jika DP Menang di Pilwalkot Makassar

menara-indonesia

img

MAKASSAR, MENARAINDONESIA.com – Direktur Komunikasi Politik Lingkar Jurnal Indonesia (LJI), Andi Taufiq Aris, berpendapat Ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS), sebagai sosok potensial menantang petahana Nurdin Abdullah (NA) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel mendatang. Peluang RMS akan semakin besar bila yang keluar sebagai pemenang di Pilwalkot Makassar 2020 adalah Danny Pomanto-Fatmawati (ADAMA).

Tidak ada keraguan ADAMA akan mati-matian memenangkan RMS di Pilgub Sulsel mendatang. Selain karena faktor kesamaan bendera yakni Partai Nasdem, Fatmawati adalah istri dari RMS. Lagi pula, DP harus membalas budi kepada anggota DPR RI itu, dimana RMS merupakan figur sentral di balik motor pemenangan ADAMA di Pilwalkot Makassar saat ini.

“Pilwalkot Makassar 2020 menjadi acuan peta politik di Pilgub Sulsel mendatang. Bisa dibilang pilwalkot ini menjadi pertarungan awal menuju pilgub. Ya analisanya, kalau DP yang menang maka RMS paling potensial menjadi gubernur,” kata Taufiq, Kamis (22/10/2020).

Menurut dia, hasil Pilwalkot Makassar memegang pengaruh besar terhadap konstelasi politik menuju Pilgub Sulsel. Hal itu karena pemilih terbesar ada di Kota Makassar. Oleh karena itu, siapapun yang memenangkan Pilwalkot Makassar akan memegang kunci arah dukungan di Pilgub Sulsel mendatang.

Lebih jauh, Taufiq menyampaikan terlepas dari banyaknya figur calon gubernur, tidak bisa dinafikkan bahwa RMS merupakan salah satu yang paling kuat. Musababnya, ia berstatus ketua partai dan sudah punya pengalaman memimpin daerah yakni Kabupaten Sidrap selama dua periode. Ditambah kini, jejaring nasional RMS semakin mantap karena sudah duduk di Senayan.

“Jangan lupa juga bahwa RMS punya modal finansial yang kuat. Bisa dibilang tanpa¬†ADAMA saja, RMS patut diperhitungkan sebagai calon gubernur. Apalagi jika kelak ADAMA yang menang, ya peluangnya menjadi gubernur akan semakin besar karena Makassar sudah dikuasai, ditambah lagi daerah lain yang jadi basis Nasdem,” ujarnya.

ads

Leave a Reply