Saatnya Anak Muda Beraksi Selamatkan Perempuan dari Kanker Payudara

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi hadiri talkshow SADARI (Periksa Payudara Sendiri), rangkaian kegiatan Partai Nasdem memperingati Hari Kanker Payudara se Dunia yang jatuh pada 19 Oktober lalu.

Talkshow digelar di Phinisi Point Mall, Minggu (22/10/2023), yang merupakan inisiasi dari Sahabat Lestari, yang telah menunjukkan eksistensinya menunjukkan kepedulian akan kesehatan perempuan.

Dalam kesempatan tersebut, Fatmawati Rusdi mengajak anak muda untuk turut aktif menyelamatkan dan menekan angka kanker payudara.

“Untuk mengkampanyekan SADARI, kita menggunakan power anak muda, karena terbukti saat ini yang sangat aktif adalah kawula muda. 10.000 relawan anak muda akan mengkampanyekan SADARI,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, yang menyerahkan secara simbolis voucher mammografi secara gratis.

Mammografi merupakan pemeriksaan radiologi yang ditujukan untuk melihat ada atau tidaknya kelainan yang mengarah pada kanker di area payudara.

Voucher dibagikan kepada perempuan yang berusia 35 tahun keatas, dengan harapan dengan adanya gerakan ini akan mampu menekan angka kanker payudara di Indonesia.

Dalam pengantarnya Lestari Moerdijat mengingatkan kaum perempuan untuk lebih menyadari pentingnya pemeriksaan kanker payudara sedini mungkin. Pasalnya di Indonesia, 4,4 juta ibu telah berpulang akibat kanker (2020) yang mengakibatkan 1 juta anak menjadi yatim piatu (2022).

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam dan juga Dompet Dhuafa. (*)

ads

Leave a Reply