71 Calon Paskibraka Kabupaten Luwu Mendapat Suntikan Motivasi dari Kapolres Luwu

img

LUWU,MENARAINDONESIA.com-Kapolres Luwu, AKBP. Arisandi Bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs. H. Sulaiman, MM bertindak selaku Pembina Upacara pada kegiatan Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dilaksanakan di Mapolres Luwu, Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa, Rabu (02/08/2023).

Usai penyerahan peserta diklat Paskibraka dari Pemerintah Kabupaten Luwu kepada Polres Luwu, AKBP. Arisandi beserta H. Sulaiman melakukan prosesi penerimaan dan pemasangan atribut tanda peserta calon anggota Paskibraka Kabupaten Luwu.

Dalam sambutannya, Kapolres Luwu menguraikan sejarah lahirnya gagasan untuk membentuk Paskibraka pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1 serta memberikan motivasi kepada para peserta diklat Paskibraka.

“Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang program Paskibraka, pembentukan paskibraka tidak disiapkan sebatas untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi menjadi suatu program pengkaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila,” jelas AKBP. Arisandi.

Lebih lanjut kapolres Luwu mengungkapkan, sistem pembinaan dalam pemusatan pendidikan dan pelatihan terdiri dari pembelajaran aktif ideologi pancasila dan pemantapan nilai wawasan kebangsaan, pelatihan yang terdiri dari pelatihan kepemimpinan dan pelatihan baris-berbaris, serta pengasuhan untuk membentuk generasi yang tangguh, mandiri, dan berkarakter Pancasila.

“Ingatlah, bahwa kalian adalah putra-putri terbaik yang terpilih, memiliki kualitas. Kalian juga adalah kebanggaan dan kehormatan orang tua serta sekolah yang akan menjadi fokus perhatian pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang. Oleh karena itu, yakinkan diri dan tunjukan bahwa kalian bisa, baik secara fisik maupun mental,” kata AKBP. Arisandi menyemangati para peserta diklat.

Disamping itu, Kapolres Luwu juga berpesan agar para peserta diklat Paskibraka senantiasa mengikuti petunjuk dan arahan para pelatih selama kegiatan latihan secara disiplin namun dengan hati yang riang gembira.

“Jaga kesehatan dan kekompakan sebagai team work, karena hanya dengan modal itu, insyaa allah adik-adik akan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Dan kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan diklat ini kami ucapkan terimakasih atas dukungannya, kami berharap tetap terjalin koordinasi yang baik demi lancarnya kegiatan pelatihan paskibraka ini” tutup AKBP. Arisandi.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol, H. Kamal melaporkan bahwa para peserta diklat Paskibraka merupakan perwakilan dari berbagai siswa/siswi SMA atau sederajat yang telah melalui serangkaian tahapan seleksi.

“Calon Paskibraka Kabupaten Luwu yang terpilih sebanyak 74 orang, dimana 3 orang akan mewakili Kabupaten Luwu ke tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 71 orang yang akan mengikuti diklat Paskibaraka tingkat Kabupaten Luwu,” ucap H. Kamal.

71 peserta diklat terdiri dari 32 putri dan 39 putra yang akan mengikuti diklat selama 16 hari terhitung sejak tanggal 3-18 Agustus 2023 di Belopa.

ads

Leave a Reply