Buka Pelatihan Imam Masjid, Bupati Luwu: Perbaiki Karakter Agar Jadi Teladan Ditengah Masyarakat

img

LUWU,MENARAINDONESIA.com-Dalam rangka meningkatkan Kapasitas Imam Masjid, Pemerintah Kabupaten Luwu bekerjasama dengan Pengurus Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) menyelenggarakan Pelatihan Imam Masjid se Kabupaten Luwu di aula Andi Kambo, Kompleks Perkantoran Bupati Luwu, Kamis (28/12/2023).

Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Pelatihan ini merupakan bagian dari menyempurnakan ilmu.

“Yarfaillahulladzina amanu minkum walladzina utul ilma darojat, artinya niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Apa yang kita lakukan ini adalah bagian daripada menyempurnakan ilmu,” kata H Basmin Mattayang

Meski diakui, di antara manusia tidak ada yang sempurna, yang ada hanyalah kelemahan dan kekurangan sehingga manusia senantiasa dianjurkan untuk terus belajar kepada siapapun.

“Visi dan misi pemerintah daerah menjadikan Kabupaten Luwu bernuansa religius dapat direalisasikan dengan mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan seperti halnya yang dilakukan oleh Pengurus IPIM Kabupaten Luwu. Bukan hanya itu, sebelumnya kita juga telah menggalakkan program Masyarakat Qurani dengan membagikan Al-Qur’an kepada Masyarakat,” lanjutnya

Bupati berpesan dengan pelaksanaan pelatihan Imam Masjid ini, diharapkan para Imam Masjid bukan hanya menambah wawasan keilmuan dalam bacaan sholat, tata cara memimpin sholat berjamaah melainkan juga harus memahami kehidupan bermasyarakat, menjaga lingkungan sekitar masjid, menjadi contoh dalam berbagai aspek sosial kemasyarakatan.

“Imam Masjid juga harus mampu untuk dijadikan contoh di tengah-tengah masyarakat. Harus mampu memahami diri sendiri kemudian melakukan koreksi dan introspeksi diri. Memperbaiki karakter, perilaku sehingga bisa dijadikan teladan oleh masyarakat, tidak boleh egois dan harus memahami para jamaahnya,”ujarnya.

Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan Imam Masjid se Kabupaten Luwu, Wakil Ketua DPW IPIM Provinsi Sulawesi Selatan, H Syamsuddin Nur, S.Ag. MSi menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati Luwu dan kepada seluruh peserta yang berpartisipasi.

“Mudah-mudahan semua menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan diri kita. Tentu saja, kegiatan ini tidak bisa diselesaikan oleh IPIM sendiri, bersyukur Bapak Bupati memberikan ruang, memberikan support yang luar biasa kepada kita sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik,” kata H. Syamsuddin.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua IPIM Kabupaten Luwu, Drs. Ismail Ibrahim. Dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian yang besar terhadap program-program pengurus IPIM Kabupaten Luwu.

“Terima kasih Bapak Bupati yang senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan sebagai upaya dalam mewujudkan pembangun dibidang spiritual untuk kemaslahatan ummat,” ucap Ismail

Dijelaskan, Pelatihan Imam Masjid ini dalam rangka meningkatkan profesionalitas para imam masjid yang ada di Kabupaten yang bertujuan memperbaiki kapasitas keilmuan dalam memimpin shalat berjamaah.

“Kita berharap setelah pelatihan ini, tidak ada lagi jamaah yang mengeluhkan bacaan imamnya. Pelatihan Imam Masjid ini adalah pelatihan yang berkelanjutan dan nantinya kita akan tingkatkan menjadi pengkaderan Imam termasuk dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan Muadzin se Kabupaten Luwu,”jelasnya.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia, Misbahuddin Syukur, SThI, Kegiatan pelatihan Imam Masjid juga mendapat dukungan fasilitasi dari Kepala Kantor Urusan Agama disetiap kecamatan.

“Terima Kasih para KUA yang telah memfasilitasi para peserta untuk hadir dalam kegiatan ini. Jumlah peserta setiap kecamatan sebanyak 10 orang Imam ditambah 1 orang pendamping dari Kepala Kantor Urusan Agama, sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 242 orang,” ungkap Misbahuddin.

ads

Leave a Reply