Sambut Peringatan HUT RI ke-78, Pemkab Luwu Gelar Lomba Gerak Jalan

img

LUWU,MENARAINDONESIA.com-Pemerintah Kabupaten Luwu memulai serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023.

Pemkab Luwu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan pertama yakni Lomba Gerak Jalan tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama atau sederajat yang dipusatkan di jalan poros Trans Makassar-Luwu, Minggu (13/08/2023).

Lomba Gerak Jalan diawali dengan laporan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu sebagai tanda dimulainya kegiatan.

Berdasarkan konfirmasi panitia, sebanyak 186 kelompok yang mendaftar pada lomba gerak jalan tersebut dengan rincian tingkat SD sebanyak 106 kelompok (50 kelompok Putra dan 56 kelompok putri). Sedangkan untuk tingkat SMP sebanyak 80 kelompok (41 kelompok putri dan 39 kelompok putra).

Ada 3 kategori penilaian dalam lomba ini, yakni Kelengkapan barisan yang berjumlah 31 orang, keserasian kostum dan yang ketiga adalah variasi barisan.

Diantara peserta, ada beberapa sekolah yang memanfaatkan kain batik lokal atau batik Luwu dalam mengkombinasikan kostum peserta.

Penyelenggaraan lomba gerak jalan mendapat sambutan baik masyarakat kabupaten Luwu. Mereka turut bersorak dan bertepuk tangan saat para peserta menampilkan variasi barisan untuk melakukan penghormatan dan yel-yel sebagai pembakar semangat berlomba.

Program merdeka belajar dan visi menciptakan anak didik berkarakter, cerdas dan berakhlak mulia juga digaungkan oleh para peserta.

Pelaksanaan lomba yang dimulai pukul 13.00 Wita dan berakhir pukul 18.00 Wita sempat membuat beberapa siswa pingsan, namun berkat kesigapan tim medis PSC 119 Kabupaten Luwu, mereka dapat kembali sehat dan bergabung bersama teman-temannya.

Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd, yang sebelumnya menghadiri kegiatan lain, menyempatkan diri untuk hadir bersama Ketua TP PKK, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. MSi. Turut hadir unsur forkopimda, para staf ahli Bupati dan Kepala OPD.

ads

Leave a Reply