Pemkot Makassar Putuskan Pelaksanaan Shalat Id di Lapangan RW

img

MAKASSAR,MENARAINDONESIA.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memutuskan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 H/2021, dilakukan dengan menyebar konsentrasi masyarakat berbasis rukun warga di ruang terbuka.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto setelah Rapat Koordinasi (Rakor) bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Makassar dalam rangka persiapan Salat Idulfitri 1442 H/2021 M, Jumat malam (07/05/2021).

“Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh. Kebijakan Pemerintah Kota Makassar melalui rakor untuk menentukan Shalat Id bersama. Yang pertama adalah pemerintah kota ingin menyebarkan konsentrasi Shalat Id di Kota Makassar dengan titik-titik berbasis RW (Rukun Warga) dan kita berharap dan kita menganjurkan agar di setiap RW Shalat Id diselenggarakan di ruang terbuka, baik di lapangan maupun di jalanan kalau tidak ada lapangan. Juga tetap kalau ada mau membuka masjid, silahkan. Tetapi pemerintah kota menganjurkan berada pada konsentrasi RW, baik lapangan maupun jalanan yang paling baik di RW itu,” ujarnya.

Danny Pomanto mengatakan, bahwa langkah tersebut ditempuh agar daya tular Covid-19 dapat tereduksi dengan baik.

“Hal ini sejalan dengan anjuran Bapak Plt (Pelaksana Tugas) Gubernur bahwa dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Id di ruang terbuka. Walaupun pemerintah kota dalam hal ini tidak ingin konsentrasi besar, seperti di Karebosi, sehingga kami tidak memakai Karebosi, karena Karebosi bisa mengumpulkan, bisa berpotensi kerumuman, sehingga ruang terbuka yang dimaksud adalah ruang terbuka di masing-masing RW. Sehingga, Insya Allah, kita akan melaksanakan dengan khusyuk di ruang terbuka sesuai Sunnah dan kemudian dilanjutkan Halalbihalal, sehingga semua tuntas hari itu dengan protokol kesehatan. Terima kasih. Wassalamu Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh,” jelasnya mengakhiri penjelasannya. (*)

ads

Leave a Reply